BALITBANGDA SULTENG LAUNCHING HASIL KAJIAN PEMBIBITAN DOC

Ditulis oleh arfan. Posted in INFO LITBANG

Telur dan daging unggas merupakan sumber protein bermutu tinggi dan mudah diperoleh. Salahsatu upaya yang dilakukan untuk penyediaan protein dari ternak unggas, dapat dilihat dengan adanya usaha-usaha petenakan yang dikelola secara perorangan maupun secara berkelompok. Usaha peternakan tidak akan berkembang dengan baik tanpa adanya usaha pembibitan yang mendukung.

Usaha tersebut terdiri dari manajemen pengelolaan mutu yang baik, sehingga menghasilkan telur tetas dan penetasan untuk menghasilkan anak ayam atau DOC. Penegasan tersebut disampaikan oleh Plt. Kepala Balitbangda Provinsi Sulawesi Tengah yang diwakili Kepala Bidang Evaluasi dan Pelaporan, Drs. Syamsul Saifudin, MM, dalam laporannya pada acara Lauching Hasil Kajian Pembibitan Anak Ayam Kampung Super (DOC), di Kelurahan Kabonena, Palu, Selasa (25/11/2016).  

          Menurut Plt. Kepala Balitbangda Sulteng, tujuan lauching hasil kajian DOC tersebutnsebagai wadah sosialisasi hasil penelitian kepada stakeholder yang terdiri atas SKPD Provinsi maupun SKPD  kota, swasta serta masyarakat kelompok usaha peternakan. Dan launching kali ini merupakan kerjasama dengan Universitas Tadulako, instansi terkait dan kelompok usaha peternakan, tandas Plt. Kepala Balitbangda Sulteng melalui Syamsul Saifudin.

Sementara Gubernur Sulteng yang diwakili Staf Ahli Gubernur Drs. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si sangat mengapresiasi kerja Balitbangda Sulteng dan mengatakan ketersediaan bibit anak ayam tersebut mendorong pemanfaatan dan pelestariaanya yang selama ini diusahakan oleh masyarakat dalam skala kecil dan menengah, tandas staf Ahli Gubernur. dihadapan sejumlah Pejabat SKPD terkait lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan Pejabat SKPD Pemerintah Kota Palu, dan para peneliti dari Universitas Tadulaku Palu serta dihadiri sejumlah pejabat eselon III dan IV dan Peneliti lingkup Balitbangda Provinsi Sulawesi Tengah.

Menurutnya, upaya peningkatan mutu genetik ayam lokal perlu terus dilakukan pemulihan untuk menghasilkan bibit ayam yang berkualitas, tandasnya saat membacakan sambutan Gubernur Sulteng. Lanjutnya, keberhasilan yang dicapai Balitbangda selama tiga tahun terakhir telah memberikan hasil yang menggembirakan tentang penyediaan pakan dan proses pengolahannya sampai dengan menghasilkan pakan ayam kampung yang siap pakai. Lanjut Gubernur Dengan launching ini diharapkan dapat mendorong kemandirian pemenuhan bibit DOC ayam kampung super pada tingkat kelompok peternak dan kontribusi nyata kepada masyarakat khususnya kepada peternak dan pelaku usaha peternakan di Sulawesi Tengah, tandasnya.

Sementara Peneliti yang diketuai DR. Ir. Hafsah, M.Sc dalam paparannya di depan pejabat SKPD terkait yang hadir pada acara launching tersebut mengatakan target luaran yang ingin dicapai dari kajian ini yaitu terwujudnya SDM kelompok masyarakat peternak unggas yang dapat mengadopsi inovasi teknologi pengolahan pakan ayam kampung bibit berbasis bahan baku lokal.  Selain itu diharapkan terwujudnya kemandirian kelompok dalam pengadaan bibit (DOC) yang dapat mendukung kontinuitas usaha kelompok agar produk yang dihasilkan terpenuhi sesuai permintaan pasar, tandas DR. Hafsah.

. ( Dg )

BALITBANGDA PROVINSI SULAWESI TENGAH @ 2016 | balitbangda.sultengprov.go.id