FGD Teknologi Tepat Guna Mendorong Pengembangan Industri Kecil Berbasis Pakan Lokal "Pengembangan dan Pengolahan Kakao di Sulteng "

Ditulis oleh Super User. Posted in Bidang Inovasi & Teknologi

 Kepala BPPID Provinsi Sulawesi Tengah yang di wakili Kepala Bidang Inovasi Dan Teknologi Dr. Suandi, S.TI, M.Si di dampingi Peneliti PPTTG LIPI, Subang, Jawa Barat Dr. Savitri Dyah Wahmi I.K.R, M.Sc saat memberikan arahan FGD Teknologi Tepat Guna Mendorong Pengembangan Industri Kecil Berbasis Pakan Lokal , Rabu 13 Agustus 2018.

 

Budidaya, Produktifitas, pengembangan, pengolahan dan pemasaran kakao di sulteng terus menjadi fokus perhatian antar stekeholder. Fokus perhatian itu, disamping melibatkan pemerintah, juga menuntut peran lembaga perguruan tinggi, serta peran serta dunia usaha dan masyarakat. Adanya peran bersama tersebut akan menunjukkan konstribusi nyata dalam pengembangan pengelolahan dan pemasaran kakao di sulteng.

LIPI merupakan suatu lembaga yang terus melakukan pembinaan upaya penggembangan, penglola dan pemasaran kakao melalui kegiatan riset dan kegiatan pendampingan lainnya.

Pada tahun 2018, Pusat Pengembangan Tehnologi Tepat Guna (PPTTG) LIPI Subang Jawa Barat, Melakukan Focus Grup Discussion (FGD) dan Pelatihan Pelatihan kakao dalam upaya mendukung kegiatan Prioritas Nasional (PN) dengan Fokus Komoditas Kakao di sulteng ( yang sebelumnya telah dilakukan evaluasi dan tindak lanjuti pada tahap FGD)

Pelaksanaan FGD Kakao ini dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2018 bertempat di Aula Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Prov. Sulteng yang di hadiri oleh Instansi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Sulteng, Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov. Sulteng, Bappeda Prov. Sulteng, UPT Rumah Coklat Kota Palu, serta instansi Teknis lainnya. FGD juga di ikuti oleh pelaku usaha industri coklat kota palu.

FGD Pengembangan dan Pengeolahan Coklat merupakan kerjasama PPTTG LIPI, Subang, Jawa Barat dengan Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (BPPID) Provinsi Sulawesi Tengah

FGD dipimpin langsung oleh Peneliti PPTTG LIPI, Subang, Jawa Barat Dr. Savitri Dyah Wahmi I.K.R, M.Sc dan rombongan serta umpan balik dari peserta FGD tentang upaya membangun kelembagaan teknologi dan pengembangan agroindustri berbasis kakao di sulteng.

Beberapa Hasil rumusan FGD Kakao di sulteng Sebagai Berikut ;

1.    Perlu Peran lembaga / Instansi Teknis sebagai instansi Pembina / Pendamping khusus budidaya, pengelolahan pemasaran dan alsintek agroindustri kakao di Sulawesi Tengah.

2.    Bibit kakao hasil riset yang terus di sosialisasikan pada instansi di sulawesi tengah

3.    Pendampingan agroindustri usaha olahan kakao di UPT Rumah Coklat yang terus di sesuaikan dengan tuntutan mutu pasar

 

 

BALITBANGDA PROVINSI SULAWESI TENGAH @ 2016 | balitbangda.sultengprov.go.id