KAJIAN PENINGKATAN PRODUKTIFITAS TANAMAN PADI (ORIZA SATIVA L. ) SAWAH DENGAN PENERAPAN TEKNOLOGI PERTANIAN DI KABUPATEN PARIGI MOUTONG DI SULAWESI TENGAH

Ditulis oleh Super User. Posted in Bidang Libang Peng. IPTEK & Sumber Daya

 

 Seminar awal ini difokuskan pada produktifitas tanaman padi sawah dengan penerapan teknologi , semoga hasil seminar pada hari ini dapat menambah motivasi kita dan petani khususnya untuk lebih meningkatkan luas tanam maupun hasil panen padi per hektar. untuk meningkatkan produktifitas tersebut, dapat dipenuhi dengan menerapkan cara bercocok tanam sesuai anjuran penyuluh pertanian yaitu dengan menerapkan cara budidaya padi yang sesuai dengan paket teknologi pertanian dan setidaknya dengan penerapan panca usaha tani. Panca usaha tani antara lain adalah menanam padi dengan jarak tanam teratur sesuai benih yang digunakan, penggunaan benih unggul, pemupukan berimbang, pengaturan penggunaan air sesuai kebutuhan dan perkembangan tanaman padi dan pengendalian hama penyakit secara terpadu dan terkendali.

Sulawesi tengah merupakan salah satu wilayah yang tergolong berpotensi untuk mendukung pencapaian swasembada beras dan swasembada berkelanjutan karena mempunyai luas lahan sawah yang cukup signifikan yaitu seluas 280.452 hektar dan dapat ditanami dua kali dalam setahun, namun produktifitasnya masih rendah yaitu 4,5 ton/hektar.  permasalahan yang dihadapi adalah kerusakan irigasi yang mencapai  25 %, lahan kurang subur, serta sarana dan prasarana. disamping itu, belum adanya informasi yang akurat tentang prioritas permasalahan yang harus ditangani.

 

Kabupaten parigi moutong merupakan salah satu wilayah yang tergolong berpotensi untuk mendukung program-program strategi pemerintah pusat dan provinsi sebagai penghasil beras di sulawesi tengah, namun belakangan ini mengalami penurunan hasil. untuk menjawab permasalahan tersebut, maka dilakukan pengkajian dalam mencari solusi agar peningkatan produksi seiring dengan visi misi kabupaten parigi moutong yaitu menjadikan terdepan pada tahun 2020 yang berbasis agribisnis dan pengelolaan sumber daya alam secara optimal.

 

Peningkatan produksi tanaman pangan perlu ditingkatkan setiap tahunnya baik dari segi kuantitas maupun kualitas. mengingat dari tahun ke tahun kebutuhan pangan mengalami peningkatan sejalan dengan pertambahan jumlah penduduk. untuk mengatasi kendala tersebut, diupayakan untuk mencari informasi atau data karakteristik kondisi pengembangan pertanian padi sawah, memberikan rekomendasi model pengembangan tanaman padi serta membuat dokumen bahan evaluasi kemajuan dan kendala pengembangan sektor tanaman pangan.

BALITBANGDA PROVINSI SULAWESI TENGAH @ 2016 | balitbangda.sultengprov.go.id