Pelatihan Pemanfaatan Asap Cair Batok Kelapa Sebagai Bahan Pangan Dan Bahan Pengawet

Ditulis oleh Super User. Posted in Bidang Libang Peng. IPTEK & Sumber Daya

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Parigi Mautong, Ir. Mohammad Irfan  saat memberikan Arahan pada pembukaan Pelatihan Pemanfaatan Asap Cair Batok Kelapa Sebagai Bahan Pangan dan Bahan Pengawet, bertempat di Aula Bappelitbangda Kab. Parigi Mautong Rabu, 15 Agustus 2018 

 Pengelolahan bahan pangan menjadi suatu produk pangan yang bermutu dan memiliki cita rasa yang menarik konsumen adalah hal yang perlu diperhatikan.

Bahan pangan asal ternak sering kali diolah menjadi beberapa produk yang bervariasi yang menarik konsumen antara lain bakso, sate nugget, sosis, kaledo, dan lain-lain.

Upaya pengelolahan bahan pangan tersebut disamping dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang memiliki banyak kesibukan, juga berperan dalam penyedia gizi bagi masyrakat dengan harga yang terjangkau

Diketahui bahwa mutu produk olahan yang di hasilkan / di produksi oleh pelaku usaha dengan menggunakan bahan tambahan pangan yang berfungsi sebagai pengawet masih perlu kegiatan pendamping bahkan dukungan riset dalam memperbaiki produk olahan yang di hasilkan.

Salah satu bahan tambahan pangan yang mulai banyak digunakan sebagai pupuk tanaman dan pembasmi serangga adalah asap cair yang bersumber dari batok kelapa. Pengunaan asap cair tersebut sebagai bahan pengawet bahan pangan telah di riset oleh PPTTG LIPI Subang, Jawa Barat. Upaya memperkenalkan asap cair batok kelapa di sulawesi tengah, telah dilakukan kerjasama pemanfaatan melalui PPTTG , LIPI. Subang, Jawa Barat dengan Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Provinsi Sulawesi Tengah yang di laksanakan di Aula Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Parigi Mautong yaitu berupa sosialisasi dan pelatihan pemanfaatan asap cair batok kelapa sebagai bahan pangan / pengawet ikan, ayam/daging olahan mentah dan olahan jadi.

Kegiatan ini dibuka oleh kepala Bappelitbangda di kab. Parigi mautong Ir. Mohammad Irfan dan di lanjutkan pemaparan / materi Peneliti PPTTG, LIPI, Subang, Jawa barat Dr. Savitri dan Rombongan serta Peneliti BPPID Dr. Ir. Sukisman A.H., MM.

Setelah Sosialisasi langsung dilakukan pelatihan pemanfaatan Asap Cair Batok kelapa pada pengolahan ikan panggang dan daging sapi. Peserta pelatihan ini di ikuti pelaku usaha ikan asap, bakso, kelompok tani, serta pelaku usaha lain, serta instansi teknis terkait tentang upaya pemanfaatan asap cair batok kelapa dengan pengawet makanan

Harapan peserta bahwa asap cair batok kelapa ini dapat dijadikan usaha agribisnis dan  mohon bantuan alat dan cara kerjanya. Untuk informasi lanjutan pengelohan dan pemanfaatan asap cair dapat langsung berkunjung ke kantor BPPID Prov. Sulteng serta Bappelitbangda Kab. Parigi Mautong.

 

 

 

 

BALITBANGDA PROVINSI SULAWESI TENGAH @ 2016 | balitbangda.sultengprov.go.id